Nasib Orang Miskin Setelah BBM Naik
2014-11-04 08:00:00

3267 Views 51 Comments

Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dipastikan akan menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi. Meski bermanfaat untuk menyehatkan perekonomian negara, kebijakan ini akan berdampak pada angka kemiskinan.

Suryamin, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), mengatakan bahwa kenaikan harga BBM bisa saja menambah jumlah penduduk miskin. Per Maret 2014, jumlah penduduk miskin di Indonesia tercatat 28,28 juta jiwa atau 11,25% dari total populasi.

Suryamin tidak menyebutkan potensi tambahan angka kemiskinan. Namun yang jelas, garis kemiskinan akan naik. Garis kemiskinan adalah batas minimum pengeluaran yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pokok makanan yang setara dengan 2.100 kilokalori per kapita per hari dan kebutuhan pokok bukan makanan.

"Tentu garis kemiskinan akan naik, karena garis kemiskinan dibentuk oleh komoditas kebutuhan pokok. Kalau harga naik, ya kebutuhan naik," ujar Suryamin di kantor BPS, Jakarta.

Suryamin menegaskan pemerintah perlu memberikan kompensasi kepada masyarakat miskin untuk mengantisipasi dampak kenaikan harga BBM.

"Kalau pendapatan masyarakat ini diberikan kompensasi, kesejahteraan juga akan naik gitu. Tinggal kenaikannya melewati inflasi nggak. Misal inflasi 8%, penduduk di bawah garis kemiskinan dikompensasi 12%, maka akan keluar dari garis kemiskinan," jelasnya.

(detik)

gambar: ilustrasi

Related Articles

Comments

Guest11479327171114220758
17-11-2014

Bbm naik p upah buruuuuuh turun ingat p ama rakyat ' ya kl biginih mah yg kaya makin kaya yg miskin mati !

Guest1147953199071114003932
07-11-2014

Setuju banget tuh sama yg komen ke 8 dr atas. Sikapi dengan bijak, manfaatkan semaksimal yg bisa kita lakukan. Harga bbm subsidi sudah dibeli 3 bln sebelumnya. Makanya beda dengan harga minyak saat ini. Barang itu udah dibeli dan bikin bobol APBN, trus harus bgmn? Sekarangpun pemerintah masih terus menggodok. Merekapun juga gak pingin BBM dinaikin. Gak semua berfikiran realistis spt bpk. Yusuf Kala.

Guest1147928122061114225640
06-11-2014

Naik trs smp kt kruuuus

Guest114791366051114115804
05-11-2014

Naik aja bbmnya, yg pasti orang miskin sdh dapat kartu sehat ada 3 macam kartu to, yg di ksh presiden dgn gratis.

Guest114792964051114093548
05-11-2014

Ribut'o kono ribut terus.. Pie negarane arep maju nek rakyat'e do ribut terus.. Mbok yo rasah kakean ulah! Sing damai ngono lhoo.. Pak jokowi lagi kerjo ojo di usak usik!!

Guest20273224252051114073229
05-11-2014

Saya mau tanya emangnya minyak dunia skrng sedng mengalami kenaikan apa?kok kesannya berambisi sekali mau menaikan bbm apa emang sudah tdk ada solusinya lg coba dipikir listrik naik gas naik tapi pendapan tetap segitu gitu aja ; kasihan nggak sih

Guest11479217051114053543
05-11-2014

Mau d'jadiin gmna c ini hidup

Guest1147932136051114022534
05-11-2014

Oiya p.okowi..kalo bs jgn cm orgil n psk aja yg ada tmpt rehabilitasinya..tp tutuuuh..yg tkg korupsi tlg dibikinkn jg tmpt rehabilitasi

Guest1147932136051114022156
05-11-2014

Ah...gk usah pd repot2 enak'e naik sepeda onthel aja..gk prl mkr bbm..lbh baik miskin harta dr pd bnyk hrt tp miskin hati..kwkwkwk

Guest114791856041114220406
04-11-2014

Meskipun dinaikin kalian2 pasti tetap membelinya. Drpd ribut tntang bbm mending mkir bagaimana mengelola pengeluaran yg lebih baik lagi:-) Contoh yg gampang. Gunain halamanmu buat tanam sayur mayur.biar bisa lebih hemat. Drpd cuma buat rumput2 aja. Putar otak jgn hanya protes. Talk less do more Oke ;-)

Guest11479113041114184405
04-11-2014

Yg kismin makin kismin.

Guest114792824041114182337
04-11-2014

Bbm naik wahai orang kismin dlndonesia tambah banyaaaaaaaaaaaaaak pak

Guest1147928202041114180136
04-11-2014

bbm naik gk mslh yg penting ada

Guest36828873041114174914
04-11-2014

Saakenee cah-cah

Guest118961693041114161314
04-11-2014

Jokowi di kiro sing terbaik tapi opo??? Kenyataane malah gawe susah urip e rakyat

Guest11479192041114152640
04-11-2014

Aku rapopo

Guest18021423283041114151748
04-11-2014

Bkn no 3 tapi no4 !

Guest18021423283041114151721
04-11-2014

Bkn no 3 tapi no4 !

Guest18021423283041114151400
04-11-2014

Yg coment no 3 gila kali jgn mentang2 lu kaya siapa yg milih pak jokowi klo bukan rakyat? Mikirrrrr huuuuuuu

Guest114791975041114135735
04-11-2014

Di apak- apakno presiden jokowi iku pilihanmu dewe, rasakno susahe, rasano senenge, lak seneng!

Guest20273225126041114134355
04-11-2014

Wes ben,mw naik kek turun kek,yowes ben wae lah... Toh mw naik g nya jg kita mh belanja pakai duit sendiri g da yg bayarin...iyo to...

Guest114791284041114122852
04-11-2014

Biarin aja bbm naik yang penting saya bisa beli okey coy

Guest114792219041114120526
04-11-2014

Manusia yg slalu brsyukur atas ksmptn hidup yg di brikan. Itulah manusia KAYA.

Guest114795280041114114112
04-11-2014

Gak dapat BLT jangan iri, kita masih mampu kan? Kita harus yakin pemerintah tidak akan menyengsarakan rakyatnya. Insya Allah ada solusi yg kebih tepat

Guest114793172041114114056
04-11-2014

Menjilat ludah sendiri

Guest20273227110041114112654
04-11-2014

Knp harus naik bbm ? Dana BLT aja di hapus toh selama ini byk gak tepat sasaran dan gak adil pembagiannya. Kebutuhan rmh tangga pasti naik semua klo bbm naik. Pak JOKOWI dan Pak JK tolong jgn naikkan bbm. Hapus aja dana BLT

Guest368622188041114105626
04-11-2014

Ya Tuhan mampukan kami utk Membeli BBM yg akan naik..

Guest114795280041114105538
04-11-2014

Setuju tuh, emang sih negara wajib ngurusin seluruh rakyatnya gak ada beda miskinatau kkaya. Tapi mbok ya punya hati nurani, udah dihimbau kok ya gak tergugah. Nanti kalo negara bikin aturan dibilang pemerintah korup.

Guest1147919167041114104616
04-11-2014

Orang kaya mobil mewah mendadak miskin waktu dipom bensin .prenium subsidi untuk rakyat miskin dan tidak mampu eee orang kaya itu beli prenium ber subsidi .sebenarnya orang miskin itu siapa tooooo mikiiiiir

Guest114795280041114103721
04-11-2014

Gak semua yg bilang miskin, benar2 miskin. Kadang banyak manipulasi biar dapat bantuan. Justru yg benar2 miskin lebih punya harga diri. Lebih suka berusaha keringat sendiri dari pada ngemis.

Guest114795280041114103420
04-11-2014

APBN 2015 juga udah ditetapin oleh SBY. Jokowi cuma ngejalanin apa yang ada. Apa itu salah Jokowi?? Emang dia yg abisin APBN?? Wong jadi presiden aja baru sebulan. RASIONAL DONG

Guest114795280041114103115
04-11-2014

Jangan subjektif melulu lah. Kita bisa lihat siapa yg ngatur minyak. Jangan2 yg kebanyakan komen miring yg paling takut kepentingannya terganggu. Jadi numpahinnya sama Jokowi. Mumpung udah runcing tanduk.

Guest114795280041114102609
04-11-2014

Aneh ya, dari SBY jadi presidenkan udah dibilangin kalo negara bakal kekurangan BBM bulan oktober dan jatah bbm susidi habis sebelum Des 2014. Kalo kayak gitu uangnya untuk JJokowi???

Guest11479296041114100605
04-11-2014

Seandainy orang indonesia tidak banyak yg serakah akan harta pasti tidak banyak ormis.bukankah koruptor termasuk orang yg serakah ? Hai para koruptor sadarlah yg kau makan itu bukan hakmu ingat azab yg menanti atas perbuatanmu di hari akhirmu..

Guest1032258898041114095605
04-11-2014

Naikin aja....masalah ormis kan ada kartu andlan pak jokowi......?????

Guest11479268041114094936
04-11-2014

Udh pak naikin aja...ngapain pusing...org miskin urusan depsos...jgn peduli.org mau protes naikin aja pak ben modyar sisan!!

Guest114790196041114094545
04-11-2014

Pemerintah Indonesia harus lebih peduli lagi terhadap rakyatnya . Jangan hanya memperkaya diri sendiri saja yang diutamakan :)) hahaha *sindir koruptor !!!

Guest114791241041114091423
04-11-2014

Yg penting pemberiannya Tdk merata.. . Karena kemampuan msyarakt berbeda.......coba programnya benar 2 dilksanakan sesungguhnya pasti berdampak positif.. ......

Guest114791261041114085613
04-11-2014

Mangnya kl bbm naik pa jokowi yg kaya...mikir dong sembarangan aja ngomongnya....kl negara makmur juga situ jg yg enak

Guest36728231041114085611
04-11-2014

Kalo data yg diberikan bps ke pemerintah akurat, saya yakin di Indonesia tdk akan ada yg miskin. Krn program yg diluncurkan pemerintah tepat sasaran.

Guest114791261041114085045
04-11-2014

Kalo ngomong tuh mikir dulu...jgn sampe salah ngomong ntar malah diciduk polisi loh...hehehe

Guest114795093041114084335
04-11-2014

Naikin tanggung amet 3000,,,,, 10,000 biar cepet kaya

Guest1147919212041114083831
04-11-2014

Kliatan sbnrny sft pk jkowi

Guest114790155041114083447
04-11-2014

Yg koment no.3 dri bawah klo komentar di saring dlu tuh omongan jgn asal main jebplak aja mikir donk mmnk nya siapa yg memilih presiden jokowi klo bukan suara rakyat ? Mikirrr...

Guest1147928179041114083334
04-11-2014

Emang dah biasa naik tu bbm tp g langsung 3000 dong kan bs tiap tahun naik 1000, jng kemahalan dong naiknya....susah nih mbagi uang blanjanya buat ibu" kl bapak" sih mungkin g mikirin.

Guest1147929145041114083009
04-11-2014

Utk mengurangi subsidi dan pengalihan subsidi brayy

Guest1147929145041114082223
04-11-2014

Bukan mslh balik modal kampanye.itu tdak ada hubungannya.bbm mmg harus naik.itu selalu trjadi dstiap pmerintahan baru ato lama.dan hal ini sudah ada prtimbangan matang dri pakar d negara ini

guest
04-11-2014

jokowi gak usah dngarkan rakyat.naikkan aja bbmnya kapan lagi plang modal..itu lo.yg kampanye..brapa ratus mliar tu..klo gak gtu kapan lagi..

Nur Istiqomariyah
04-11-2014

Pk jokowi saya mohon dengan sangat turunkn harga BBM.

Guest22325523048031114200816
03-11-2014

Pak jokowi saya mohon turun kan harga bbm!

Guest1147928214031114173753
03-11-2014

Ksihan rkyat mskin,bri mreka Kmudhan untk mnckupi kbutuhan mreka